10 Cara Menjaga Kehamilan Agar Ibu & Janin Tetap Sehat

Ibu hamil memang akan lebih rentan dan mudah lelah, terutama pada kehamilan pertama. Namun meski begitu, sangat penting untuk selalu melakukan aktivitas sebagaimana biasanya, sehingga tubuh tetap bergerak dan tidak hanya bermalas-malasan. Stres tidak hanya dapat menurunkan kesehatan ibu hamil, namun juga bisa mempengaruhi kesehatan janin. Konsultasikan pada dokter kandungan Anda untuk mengetahui berapa banyak aktivitas fisik yang tepat untuk Anda lakukan.

Bumil yang tidak melakukan perawatan prenatal teratur jauh lebih mungkin untuk punya anak dengan berat badan lahir rendah. Perlu diingat yakni ada makanan terpilih yang harus dihindari ibu hamil. Contohnya daging mentah, hati mentah, sushi, telur mentah, mayones, keju lunak, dan susu yang tidak dipasteurisasi. Untuk itu sering-sering mencuci tangna melalui sabun adalah tindak pertama sekaligus amet mudah untuk mengurus kesehatan bumil. Perdana adalah polusi udara, terutama asap rokok, bagi mommy kelihatannya ini agak pelik jika memiliki suami yang perokok.

Memasuki trimester kedua, olahraga ini perlu diperhatikan, karena kehamilan semakin membesar, keseimbangan mommy juga berubah. Simpan makanan mentah di tempat yang berbeda dengan makanan siap santap dalam lemari pendingin untuk menghindari kontaminasi kuman. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen tersebut, Bumil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter agar dokter dapat menentukan dosis yang tepat sesuai kondisi Bumil. Hindari mengonsumsi terlalu banyak minuman kemasan dengan kadar gula tinggi, karena jenis minuman tersebut dapat menyebabkan diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi.

tips hidup sehat ibu hamil

Hendaknya mommy memberikan pengertian kepada suami buat tidak merokok didekat mommy hamil. Bahkan, mommy harus menjauhi keramaian karena perkara ini akan menyajikan mommy mudah anxiety dan marah-marah, Oleh karena itu, usahakan untuk gak terlalu sering berposisi di tempat publik. Mommy cukup mengerjakannya selama 20 waktu per sesi, lalu sebaiknya dilakukan sekali seminggu.

Selama hamil, kebutuhan zat besi meningkat untuk pembentukan sel darah merah dan plasenta. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan zat besi harian Anda terpenuhi dengan mengonsumsi daging, sayur, dan buah-buahan. Olahraga akan membantu tubuh tetap aktif dan bugar sepanjang hari. Tubuh yang aktif justru akan membuat ibu hamil menjadi lebih sehat dan bugar, dan ini bermanfaat saat menjalani proses persalinan. Melakukan rutinitas normal sangat dianjurkan bagi ibu hamil, terutama jika usia kandungan sudah 36 minggu dan mendekati masa persalinan.