Populasi Kelas Menengah Dukung Prospek Industri Otomotif

Kebijakan ini dikeluarkan salah satunya untuk mendorong industri otomotif dalam negeri. Sebab salah 1 persyaratan produsen memperoleh insentif untuk produksi LCGC adalah persyaratan penggunakan komponen pada negeri hingga 85%. Persyaratan lain ialah mesin yang diharuskan menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi, dan konsumsi petunjuk bakar 1L/20 kilometres.

Pertumbuhan dunia otomotif yang sangat luar biasa terjadi di Indonesia pada setahun 2011 baik di dalam penjualan mobil ataupun motor. Prediksi pra pakar di lingkungan otomotif yang sebelumnya meramalkan bahwa penjualan mobil pada 1 tahun 2011 akan “panas”, ternyata lebih “panas” dari dugaan. Seperti kita semua tahu bahwa penjualan mobil yang hampir mencapai angka 900. 1000 unit merupakan angka yang cukup dalam dari prediksi depan yang meramalkan yakni penjualan akan berkisar pada angka 830. 000 unit. Sedangkan untuk pasar sepeda motor juga tidak kalah “panas”, oleh angka penjualan dalam mencapai 8 juta unit dan dapat dikatakan bahwa industri sepeda motor pada Indonesia sangat bergairah. Bahkan kedepannya diramalkan bahwa tren penjualan kendaraan bermotor pada Indonesia akan tetap meningkat dan menjadi yang tertinggi di ASEAN. City vehicle meraih ketenaran semenjak pemerintah mengeluarkan kebijakan LCGC, atau kendaraan yang harganya hemat, namun efisien serta ramah lingkungan.

Jumlah penjualan mobil anyar di pasar ASEAN, terutama Indonesia, Asia, Vietnam, Filipina lalu Vietnam semester mulailah tahun ini tercatat 1, 57 product, meningkat 21 persen daripada masa persis tahun lalu. Statistik menunjukkan, jumlah pemasaran mobil baru dalam Thailand setelah banjir besar yang lalu meningkat 40 persen, dan jumlah penjualan bulan Juli melebihi 131. 000 product, mencatat rekor baru bulanan, atau meningkat 80, 6 persen daripada bulan sebelumnya. Kementerian Perindustrian Asia memperkirakan jumlah produksi mobil negara ini tahun ini jadi mencapai dua juta unit, dan akhirnya menjadi produsen otomotif tergede ke-9 di negara. Malaysia terus menerus menurunkan bea log in dan pajak konsumsi, dan sedang mengembangkan pasar mobil bermesin kecil di bawah 2 liter. Negara-negara ASEAN yang memulai mengembangkan industri otomotif lebih lambat telah melakukan upaya keras dalam waktu panjang untuk mengembangkan industri otomotif nasional, lalu telah mencapai hasil yang nyata. Industri otomotif berjasa dalam meningkatkan penerimaan pajak negara, mendorong kemajuan ekonomi nasional lalu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, serta menarik perkembangan industri-industri lain dan kemajuan teknologi.

Pemberian insentif pajak melalui persyaratan kandungan domestik merupakan kebijakan dalam selama ini dimanfaatkan untuk mendorong pengembangan industri dalam negeri, diantaranya industri otomotif. Jumlah penduduk Philippines yang besar menjadikannya sebagai tujuan ocurrir yang menarik. Dalam antara negara-negara ASEAN, Indonesia merupakan ocurrir otomotif terbesar diikuti dengan Thailand oleh pangsa pasar kedua terbesar. Namun, dari sisi produksi, kapasitas produksi Indonesia masih tertinggal dari Thailand, terlebih untuk produksi mobil. Di 1 tahun 2017, kapasitas produksi industri kendaraan roda empat Indonesia merupakan 2, 2 juta per tahun, sedangkan Thailand sebesar a few, 81 juta unit.

Kehadiran pabrik yg mulai beroperasi pada 2016 lalu, gak hanya memperkuat posisi dalam kancah industri otomotif nasional, sekaligus telah meningkatkan daya saing Toyota Dalam negri menembus pasar ekspor ke berbagai negeri. Setelah terpuruk pada semesterpertama karena dihantam pandemi Covid-19, industri otomotif berhasil bangkit. Geliat industri otomotif makin terlihat yg ditandai meningkatnya penjualan di pasar local pada pengujung 1 tahun 2020.

Membaiknya perekonomian nasional dan meningkatnya mobilitas masyarakat menarik laju roda industri otomotif makin kencang. Melihat sederet angka di atas, agaknya tak berlebihan untuk menyebut industri otomotif nasional tengah mendapatkan pertumbuhan yang menjanjikan. Ini artinya, industri otomotif nasional bisa dikatakan memiliki potensi masa depan gemilang. Selain pertumbuhan ekonomi di atas lima persen dan meningkatnya kuantitas kelas menengah, gencarnya pembangunan jalan tol berbayar dan sarana umum diyakini jadi kian mendongkrak penjualan kendaraan bermotor dalam masa depan.

perkembangan bisnis otomotif di indonesia

Pemenuhan berbagai persyaratan ini dikompensasi melalui penghapusan pajak barang mewah sehingga produsen dapat menjual sarana dengan harga yang rendah. Permintaan sarana bermotor pun diprediksi akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, tingkat kepemilikan mobil masyarakat Indonesia yg masih rendah (Investment-Indonesia, 2017) dan tena minimnya kualitas dan kuantitas transportasi öffentlich, terutama di wilayah urban, menjadikan Philippines pasar yang menarik bagi industri otomotif.